Kegiatan Asesmen Tahun Ajaran 2024/2025 meliputi :
1. Asesmen Sumatif
Asesmen Sumatif adalah penilaian yang dilakukan pada akhir suatu periode pembelajaran untuk mengevaluasi pencapaian kompetensi siswa. Berikut adalah dua jenis asesmen sumatif yang tersedia:
- PSTS (Penilaian Sumatif Tengah Semester):
Dilaksanakan di tengah semester sebagai evaluasi capaian pembelajaran hingga pertengahan semester.
- Tujuan: Mengukur pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan.
- Hasil: Memberikan gambaran perkembangan siswa secara kuantitatif dan kualitatif.
- PSAS (Penilaian Sumatif Akhir Semester):
Dilaksanakan pada akhir semester sebagai evaluasi menyeluruh terhadap pembelajaran selama satu semester.
- Tujuan: Menilai keberhasilan siswa dalam mencapai kompetensi dasar.
- Hasil: Digunakan sebagai dasar penyusunan laporan hasil belajar siswa.
2. Asesmen Nasional dan Minat Bakat
Asesmen ini mencakup evaluasi yang lebih luas, baik secara nasional maupun pada potensi individu siswa:
- ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer):
ANBK adalah program penilaian berskala nasional untuk meningkatkan mutu pendidikan. Komponen ANBK meliputi:
- AKM (Asesmen Kompetensi Minimum): Mengukur literasi membaca dan numerasi.
- Survei Karakter: Menilai sikap, kebiasaan, dan nilai-nilai yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila.
- Survei Lingkungan Belajar: Mengidentifikasi kualitas lingkungan pembelajaran di sekolah.
- ABM (Asesmen Minat dan Bakat):
Bertujuan untuk mengenali potensi, minat, dan bakat siswa.
- Tujuan: Membantu siswa memilih jalur pendidikan atau karir yang sesuai dengan kekuatan mereka.
- Hasil: Memberikan rekomendasi untuk pengembangan diri siswa secara optimal.